Rabu, 19 Januari 2011

Bank Indonesia (BI)



Dengan memiliki satuan kerja yang lebih dari 60 unit (termasuk kantor cabang), Bank Indonesia memiliki Visi, Misi, dan Sasaran Strategis yang pada tahun 2003 disusun kembali dalam Forum Strategis Dewan Gubernur untuk periode 2003- 2008. Penjabaran selanjutnya adalah berupa Sistem Perencanaan Anggaran dan Manajemen Kinerja yang mengadopsi mekanisme Balanced Scorecard dan yang berorientasi pada pengetahuan.

Sejak tahun 2003, Unit Khusus Manajemen Informasi/UKMI mendapat tugas menggerakkan transformasi BI menjadi sebuah organisasi berbasis pengetahuan. UKMI menyiapkan perangkat yang diperlukan termasuk program kerja dan organisasinya. Para Mitra Perubahan (change agents) diangkat dan secara bersama mereka bergabung ke dalam sebuah tim, yaitu Tim OBP (Organisasi Berbasis Pengetahuan).

Berbagai inisiatif dilaksanakan untuk mengimplementasikan, seperti contoh Indikator Kinerja Utama (IKU) Generik “Knowledge Sharing (K-Sharing)” yang didukung dengan Lynx system. Ini adalah sebuah sistem yang didesain secara in-house untuk pemenuhan kebutuhan pembelajaran organisasi dan pegawai. Contoh-contoh lainnya adalah: karyawan dipacu untuk berkreativitas untuk inovasi dalam bidang tugasnya dengan disediakan lomba karya tulis Information Management Innovation (IMOVATION); perkuatan knowledge repository, yaitu dilakukannya program “Begawanship” (kodifikasi pengetahuan para pegawai yang akan pensiun ke dalam tulisan atau audio-visual); dan lain-lain.


KM Current Condition
  • Memiliki Tim OBP (Organisasi Berbasis Pengetahuan).
  • Knowledge Sharing (K-Sharing)” yang didukung dengan Lynx system
  • Berkreativitas untuk inovasi dalam bidang tugasnya dengan disediakan lomba karya tulis
  • Dilakukannya program “Begawanship” (kodifikasi pengetahuan para pegawai yang akan pensiun ke dalam tulisan atau audio-visual)

Kelebihan :
  • Memiliki Linx System, sebuah sistem yang didesain secara in-house untuk pemenuhan kebutuhan pembelajaran organisasi dan pegawai
  • menggerakkan transformasi BI menjadi sebuah organisasi berbasis pengetahuan

Komentar :
penerapan Knowledge Management pada Bank BI sudah cukup baik. Hal tersebut disebabkan oleh adanya budaya Information Management Innovation & Begawanship yang cukup termenejemen dengan baik. Dalam menshare knowledge, tidak hanya pegawai tetap atau yang sedang bekerja di dalam BI saja, tetapi para pegawai yang saat itu akan pensiun pun tetap mengikuti program yang dinamakan Begawanship, dimana dalam program tersebut pengetahuan & pengalaman di share bagi pegawai yang masih bekerja sebagai bahan pembelajaran. Dengan adanya program ini berarti BI masih menghargai pengetahuan pegawai yang akan pensiun. 

Sumber : simeb.blogspot.com/.../pemenang-2006-indonesian-make-award.html  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar